Sejarah Griya Al-Qur’an Al-Ayyubi

Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni). Dan sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya (HR Bukhari).
Dua kutipan hadits diatas nampaknya menjadi pegangan kokoh bagi Pesantren Tahfidz Griya Al-Qur’an Al-Ayyubi. Pesantren pencetak generasi penghafal Alquran ini berlokasi di Masjid Al Husna RT. 02/01 Desa Tamansatriyan Kec. Tirtoyudo Malang.

Berdiri sejak tahun 2016, Pesantren Griya Al-Qur’an Al-Ayyubi mendidik para santri untuk menghafal Alquran 30 juz plus terjemahan selama 6 Bulan dan di lanjutkan pengabdian ditengah-tengah masyarakat selama 1 tahun. pesantren ini aktif berbaur dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan.

Pesantren ini dirikan oleh Ustadz Waindika Priana Sofian Penggale bersama 2 sahabatnya Ustadz Suherman Martanto dan Ustadz Qoribun Mujib.

Pesantren ini didirikan di sebuah masjid di Lereng Semeru Malang, yaitu Masjid Al Husna. kami bercita-cita dari Masjid ini terciptalah sebuah lembaga pendidikan yang berkualitas sekelas Al Azhar Mesir.

Dalam perjalanannya membangun Pesantren Griya Quran, banyak menghadapi suka duka. Diantaranya masyarakat sekitar yang kurang welcome dengan kehadiran pesantren.

Tapi karena pesantren mencoba untuk berinteraksi lebih baik, masyarakat mulai menerima. Mereka mulai merasakan adanya manfaat dari santri dan Pesantren Griya Quran ini. Para santri terlibat aktif dalam membantu masyarakat.

Alhamdulillah di awali dengan 2 Santri Tahun Pertama, saat ini sudah puluhan santri yang mukim, baik santri ikhwan maupun santri akhwat. Serta sejak tahun 2018 santri Akhwat sudah menempati tempat baru di Kecamatan Dampit Malang. Sehingga saat ini pesantren bertempat di 2 lokasi.